Cara Merawat Genset Portable Silent

Dibandingkan dengan genset konvensional, genset portable silent terbaik memang memiliki perawatan yang lebih khusus.Sifatnya yang mudah dibawa dan digunakan di luar ruangan membuatnya rawan terkena kotoran dan juga kerusakan akibat berbagai benda.Jika kalian mengira membersihkan bagian luarnya saja sudah cukup maka kalian salah besar.Genset seperti ini perlu perawatan yang lebih intens agar bisa beroperasi dengan baik. Berikut beberapa tips merawat genset jenis ini.

  1.   Meletakan genset di tempat yang aman

Baik saat digunakan di dalam maupun di luar ruangan, genset perlu diletakan di tempat yang aman khususnya dari jangkauan anak-anak.Usahakan agar tempat tersebut kering, terlindungi dari sinar matahari dan hujan serta memiliki ventilasi udara.

  1.   Periksa bahan bakar secara rutin

Selalu ingat memeriksa bahan bakar di genset milik kalian secara rutin. Sebab, jika tidak diperiksa kemungkinan bahan bakar tersebut akan mengering dan mengganggu kinerja mesin genset. Bahkan, bisa jadi hal tersebut bisa menyebabkan genset tidak menyala sama sekali.

  1.   Mengecek komponen genset secara teratur

Selain memeriksa bahan bakar dan oli, komponen genset juga perlu diperiksa secara rutin agar tetap berfungsi dengan baik.Bahkan bila perlu kalian harus memeriksanya dengan teknisi ahli.Sebab bisa jadi ada kerusakan kecil yang hanya bisa disadari oleh seorang profesional.Oleh sebab itu, jangan menunggu sampai genset rusak.Lakukan perawatan dan service rutin agar genset kalian bisa bertahan lama.

  1.   Rutin melakukan pemanasan

Sama seperti mesin lainnya, genset juga perlu pemanasan secara rutin.Dengan pemanasan rutin minimal 3-5 hari sekali maka itu sudah cukup untuk membuat mesin tetap bekerja secara optimal.Tidak perlu dipanaskan terlalu lama, kalian hanya perlu waktu 5-10 menit saja dan perhatikan jika genset tersebut mengalami keanehan.

Meskipun tips-tips di atas tidak sempurna tapi setidaknya hal tersebut bisa meminimalisir kerusakan pada genset portable silent kalian terutama  yang menggunakan teknologi inverter. Sebab, seperti yang kalian ketahui genset yang memiliki teknologi inverter cenderung memiliki harga yang lebih mahal dibandingkan genset konvensional.

Tagged : /

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *